2011/11/30

Unsur - Unsur pemodelan grafik

- Model Grafik Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.


- Model  Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

Dalam memodelkan suatu gambar atau objek kedalam aplikasi , kita harus memperhitungkan matematis pada objek tersebut untuk dimasukan kedalam koordinat x,y di pemodelan 2D atau x,y,z di pemodelan 3D.sebelum kita memodelkan suatu objek kita harus tahu apa yang diperlukan dalam memodelkan suatu objek tersebut ke dalam suatu aplikasi .
-          Kliping adalah pemotongan suatu objek dengan bentuk tertentu. Dalam memodelkan suatu objek kita dapat memecah objek tersebut menjadi bagian bagian yang kecil. Biasanya kliping digunakan untuk menghindari perhitungan koordinat pixel yang rumit , kliping biasanya juga digunakan untuk interpolasi parameter . dalam kliping dikenal fungsi jendela kliping yaitu untuk mengindentifikasi objek yang akan dikliping dan memastikan bahwa data yang diambil hanya data yang berada dalam jendela kliping .
-          Tranlasi adalah suatu pergerakan atau perpindahan dari semua titik objek yang berpindah secara lurus sehingga mendapat posisi atau koordinat baru . jalur yang direpresentasikan oleh vector tersebut disebut translasi .
-          Rotasi adalah merubah semua titik objek sepanjang jalur lingkaran dengan titik pusat pada titik pivot.
-          Texturing
Texturing digunakan untuk menentukan tekstur dari sebuah obyek sebagai suatu karakteristik dari obyek  yang dibuat. Aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk melakukan texturing adalah reflectivity, transparency, dan refraction, dsb.
-          Bayangan dari benda
Bayangan pada pemodelan grafik dapat meningkatkan kenyataan objek bayangan tiga dimensi.bayangan juga dapat digunakan dalam membuyarkan pengaru penglihatan objek yang mengambang diatas tanah .
-          Refleksi dan iluminasi
Model refleksi adalah factor dasar dalam penglihatan sebuah objek bayangan tiga dimensi . ia memungkinkan sebuah proyeksi layar dua dimensi dari sebuah objek agar tampak nyata.model iluminasi mendefinisikan sifat alami daripada cahaya yang memancar dari sebuah sumber.

refrensi:
subiyantoro(1996).pengantar grafik komputer.depok:gunadarma.
http://task-campus.blogspot.com/

2011/11/28

Definisi desain pemodelan grafik

Desain Pemodelan grafik

Desain dan grafik adalah bisa dikatakan sebagai seni terapan , arsitektur , dan pencapain kreatif lainnya .proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi , estetika , dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset,pemikiran,brain stroming,maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya .grafik sendiri mempunyai pengertian yaitu karangan visual yang memberikan keterangan atau pesan dalam komunikasi.elemen-elemen yang biasanya digunakan dalam grafik yaitu garis,bentuk, ruang,hiasan,warna,symbol.
Pemodelan adalah Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Biasanya pemodelan ini ditampilakan secara 3D . dalam pemodelan harus banyak yang dipertimbangkan dalam membangun model obyek tersebut , sehingga memberikan konstribusi terhadap hasil akhirnya. Contohnya dalam pemodelan benda padat dimana dikenal CSG yaitu berupa bentuk penyajian yang memudahkan untuk berinteraksi grafik yang memungkinkan lomponen rekayasa dibuat .
Jadi saya menyimpulkan desain pemodelan grafik adalah suatu seni yang mempunyai elemen-elemen yang saling satu padu sehingga dapat memodelkan suatu bentuk .
Cara pemodelan grafik
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk,posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D kedalam suatu aplikasi yang terdapat di computer , kita dapat menggunakan aplikasi blender , swishmax , 3Dmax ,dll

referensi

2011/03/14

Sistem Informasi Manajemen

Data  : 
          - fakta
          - rangkaian fakta yang mewakili suatu kejadian
          - sesuatu yang belum diolah
          - dapat berupa angka,simbol,dan lainnya

Contoh : kode mata kuliah,nama,nilai mata kuliah ,nomor pokok mahasiswa.

Informasi :
          - hasil dari pemrosesan data
          - data yang terkumpul,terproses,dan bermakna
          - data yang memiliki arti

Contoh : lulusan paling muda periode april , rata-rata IPK lulusan bulan april , KRS.   


untuk lebih jelasnya bisa melihat video dibawah ini :



2010/11/20

sekilas tentang jejaring sosial

apa itu jejaring sosial, jejaring sosial adalah struktur sosial yang dibangun atas node (bisa berupa orang/individu maupun organisasi) yang terikat satu sama lain dengan lebih dari satu model ikatan. Jenis-jenis ikatan tersebut misalnya kesamaan nilai, visi, ide, kepentingan, finansial, pertemanan, ketidak sukaan, konflik dan perdagangan. Semakin mudah jejaring tersebut mengakomodasi individu atau kelompok membuat jejaring baru, semakin mudah menarik node. kemudian Jejaring sosial bisa dikatakan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring social lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi , chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja.

fitur-fitur,aplikasi-aplikasi yang biasanya ada yang disediakan di setiap jejaring sosial, antara lain video, musik, blog, photo sharing, chatbox,game online yang ada di jejaring sosial tersebut,dsb.

manfaat dan dampak yang bisa diperoleh dari jejaring sosial mungkin ialah kita bisa mencari teman kita yang sudah lama kita tidak jumpai,kemudian kita bisa mempromosikan bisnis yang kita buat melalui jejaring sosial,kita bisa berhubungan dengan teman kita biarpun jauh jaraknya, setelah itu kita bisa mengekpresikan diri kita dalam jejaring sosial. dari sisi positif jejaring sosial dapat menghubungkan kita dengan orang yang jaraknya jauh dengan kita, kita bisa mengupload suatu photo, video, dsb untuk diberitahukan kepada teman kita yang terkait didalamnya, kemudian dari sisi negatifnya dengan jejaring sosial dapat membuat kita menjadi malas karena dapat membuat kita menjadi malas.

2010/10/31

sekilas tentang digital demokrasi

Lawrence K. Grossman (penulis) mantan President Public Broad Casting Service and of NBC News, bukan seorang pejabat publik tetapi kata-katanya yang sangat mendalam dalam memasok informasi elektronik untuk publik Amerika. Ia melambangkan peserta besar lainnya dalam formulasi untuk setiap perubahan yang terjadi di lembaga demokratis Amerika, seperti pers yang memasok informasi.
Kemampuan Amerika untuk memiliki akses kesegala macam informasi dan memiliki hak dan kesempatan untuk menggunakannya untuk keuntungan pribadi dan kesenangan merupakan akibat langsung dari pemerintahan di sana yang memungkinkan untuk menjadi info-junkies atau pemerintah dapat membatasi dan mempengaruhi aliran informasi dan konsekuensinya serta bagaimana menggunakannya. Memiliki sistem politik yang membatasi arus informasi dan penggunaannya seperti pada rezim otoriter dan informasi yang kurang dan ekonomi sangat berbeda serta praktek sosial. Pemimpin politik Eropa dan Asia Timur mengakui kenyataan ini. Sekarang mereka bergulat dengan isu-isu seperti bagaimana menghadapi dengan internet dan dengan informasi yang memungkinkan untuk mengalir melalui kertas dan media elektronik lainnya.
Mereka berinisiatif untuk membuat perekonomian mereka bersaing pada basis global sambil memuaskan tuntutan-tuntutan yang berkembang pada kelas menengah yang melek huruf, terdidik dan cukup makmur.
Demokrasi Amerika modern adalah dalam bentuk suatu republik demokratik atau demokrasi perwakilan. Suatu demkorasi perwakilan muncul di Amerika Serikat sebab penduduk baru sudah muak dengan pajak tanpa perwakilan dan mereka menginginkan sistem yang lebih fair dimana orang bisa bersuara untuk mengatur negara. Mereka menginginkan demokrasi perwakilan dimana perwakilan yang dipilih yang akan mengatur pemerintahan. Para perwkailan tersebut dipilih dengan pemikiran bahwa mereka akan secara tepat mewakili konstituen mereka, tetapi dalam kejadian di mana thal ini tidak terjadi, pemerintah Amerika Serikat dibagi menjadi 3 cabang untuk mengawasi penyelewengan. Ketiganya adalah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Tidak ada satupun yang memiliki kekuasaan absolut. Ketiga cabang pemerintahan tersebut dimaksudkan sebagai cara untuk menghindari tirani mayoritas. 
 sumber :http://leuwiliang-bogor.blogspot.com/2009/12/digital-demokrasi

sekilas tentang youtube

youtube merupakan sebuah dimana didalam web tersebut kita bisa share berbagai jenis video dengan berbagai jenis genre, kemudian video di youtube berekstensikan .flv dimana bisa penjelajah web yang mempunyai plugin flash player. kita bisa mengupoad video ke youtube dengan cara kita sign up pada youtube , kemudian baru kita upload video yang akan kita upload.
youtube sangat fenomenal karena dengan youtube orang bisa menjadi terkenal , contohnya justin biebir , shinta dan jojo . kemudian youtube bisa menjadi boomerang bagi penggunanya ketika pengguna mengupload video yang dapat menjatuhkan harga diri penggunanya ,seperti mengupload video pribadi ,dll
fitur-fitur yang terdapat di youtube ialah kita bisa sharing video , kemudian ketika kita bisa memberikan rating ke video tersebut , setelah itu di youtube bisa mengetahui berapa banyak pengguna yang melihat video tersebut.

2010/10/29

tentang wikipedia






Wikipedia ialah suatu new media yang banyak digunakan oleh semua orang terutama para pelajar SD,SMP,dan SMA. wikipedia merupakan suatu ensikopedia online yang bebas disunting oleh siapa saja.


Pendiri Wikipedia Jimmy Wales pernah menggambarakan Wikipedia sebagai "sebuah usaha untuk menciptakan dan menyebarkan sebuah ensiklopedia bebas dalam berbagai bahasa berkualitas tinggi kepada setiap orang di planet ini dalam bahasanya sendiri". Wikipedia hadir untuk membawa pengetahuan bagi orang yang memerlukannya.Wikipedia dimiliki oleh sebuah organisasi nirlaba yang bernama Yayasan Wikimedia yang juga mengatur jalannya proyek-proyek Wiki lainnya seperti KamusWikiWikibooks, dll. Yayasan Wikimedia adalah pemilik nama-nama domain tersebut. Awalnya situs Wikipedia dilayani oleh server-server Bomis, Inc., sebuah perusahaan yang mayoritas dimiliki oleh Jimmy Wales. Seiring dengan berdirinya Yayasan Wikimedia pada 20 Juni 2003, kepemilikan semua nama domain Wikipedia dan proyek-proyeknya dipindahkan ke yayasan. Situs ini dioperasikan oleh komunitas Wikipedia dan diatur oleh prinsip-prinsip yang dibuat oleh Jimmy Wales, termasuk antara lain kebijakan mengenai sudut pandang netral.Semua artikel dalam situs ini dirilis oleh penulis-penulisnya di bawah lisensi GNU Free Documentation License atau lisensi bebas, sehingga keseluruhan artikel merupakan konten bebas dan dapat direproduksi kembali secara bebas dengan lisensi yang sama. (sebuah kamus),


setelah itu fitur yang ada di wikipedia hanya berupa tulisan dan gambar, karena wikipedia merupakan ensiklopedia.


kemudian wikipedia ini juga tidak sepenuhnya berisi artikel-artikel yang tepat dikarenakan didalam wikipedia kita bisa membuat akun sendiri yang dapat memasukan artikel kedalam wikipedia tersebut sedangkan dalam pembuatan artikel kita harus memiliki wawasan yang luas tentang artikel yang kita buat .