2010/10/29

tentang wikipedia






Wikipedia ialah suatu new media yang banyak digunakan oleh semua orang terutama para pelajar SD,SMP,dan SMA. wikipedia merupakan suatu ensikopedia online yang bebas disunting oleh siapa saja.


Pendiri Wikipedia Jimmy Wales pernah menggambarakan Wikipedia sebagai "sebuah usaha untuk menciptakan dan menyebarkan sebuah ensiklopedia bebas dalam berbagai bahasa berkualitas tinggi kepada setiap orang di planet ini dalam bahasanya sendiri". Wikipedia hadir untuk membawa pengetahuan bagi orang yang memerlukannya.Wikipedia dimiliki oleh sebuah organisasi nirlaba yang bernama Yayasan Wikimedia yang juga mengatur jalannya proyek-proyek Wiki lainnya seperti KamusWikiWikibooks, dll. Yayasan Wikimedia adalah pemilik nama-nama domain tersebut. Awalnya situs Wikipedia dilayani oleh server-server Bomis, Inc., sebuah perusahaan yang mayoritas dimiliki oleh Jimmy Wales. Seiring dengan berdirinya Yayasan Wikimedia pada 20 Juni 2003, kepemilikan semua nama domain Wikipedia dan proyek-proyeknya dipindahkan ke yayasan. Situs ini dioperasikan oleh komunitas Wikipedia dan diatur oleh prinsip-prinsip yang dibuat oleh Jimmy Wales, termasuk antara lain kebijakan mengenai sudut pandang netral.Semua artikel dalam situs ini dirilis oleh penulis-penulisnya di bawah lisensi GNU Free Documentation License atau lisensi bebas, sehingga keseluruhan artikel merupakan konten bebas dan dapat direproduksi kembali secara bebas dengan lisensi yang sama. (sebuah kamus),


setelah itu fitur yang ada di wikipedia hanya berupa tulisan dan gambar, karena wikipedia merupakan ensiklopedia.


kemudian wikipedia ini juga tidak sepenuhnya berisi artikel-artikel yang tepat dikarenakan didalam wikipedia kita bisa membuat akun sendiri yang dapat memasukan artikel kedalam wikipedia tersebut sedangkan dalam pembuatan artikel kita harus memiliki wawasan yang luas tentang artikel yang kita buat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar