2011/11/30

Unsur - Unsur pemodelan grafik

- Model Grafik Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.


- Model  Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

Dalam memodelkan suatu gambar atau objek kedalam aplikasi , kita harus memperhitungkan matematis pada objek tersebut untuk dimasukan kedalam koordinat x,y di pemodelan 2D atau x,y,z di pemodelan 3D.sebelum kita memodelkan suatu objek kita harus tahu apa yang diperlukan dalam memodelkan suatu objek tersebut ke dalam suatu aplikasi .
-          Kliping adalah pemotongan suatu objek dengan bentuk tertentu. Dalam memodelkan suatu objek kita dapat memecah objek tersebut menjadi bagian bagian yang kecil. Biasanya kliping digunakan untuk menghindari perhitungan koordinat pixel yang rumit , kliping biasanya juga digunakan untuk interpolasi parameter . dalam kliping dikenal fungsi jendela kliping yaitu untuk mengindentifikasi objek yang akan dikliping dan memastikan bahwa data yang diambil hanya data yang berada dalam jendela kliping .
-          Tranlasi adalah suatu pergerakan atau perpindahan dari semua titik objek yang berpindah secara lurus sehingga mendapat posisi atau koordinat baru . jalur yang direpresentasikan oleh vector tersebut disebut translasi .
-          Rotasi adalah merubah semua titik objek sepanjang jalur lingkaran dengan titik pusat pada titik pivot.
-          Texturing
Texturing digunakan untuk menentukan tekstur dari sebuah obyek sebagai suatu karakteristik dari obyek  yang dibuat. Aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk melakukan texturing adalah reflectivity, transparency, dan refraction, dsb.
-          Bayangan dari benda
Bayangan pada pemodelan grafik dapat meningkatkan kenyataan objek bayangan tiga dimensi.bayangan juga dapat digunakan dalam membuyarkan pengaru penglihatan objek yang mengambang diatas tanah .
-          Refleksi dan iluminasi
Model refleksi adalah factor dasar dalam penglihatan sebuah objek bayangan tiga dimensi . ia memungkinkan sebuah proyeksi layar dua dimensi dari sebuah objek agar tampak nyata.model iluminasi mendefinisikan sifat alami daripada cahaya yang memancar dari sebuah sumber.

refrensi:
subiyantoro(1996).pengantar grafik komputer.depok:gunadarma.
http://task-campus.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar