2010/11/20

sekilas tentang jejaring sosial

apa itu jejaring sosial, jejaring sosial adalah struktur sosial yang dibangun atas node (bisa berupa orang/individu maupun organisasi) yang terikat satu sama lain dengan lebih dari satu model ikatan. Jenis-jenis ikatan tersebut misalnya kesamaan nilai, visi, ide, kepentingan, finansial, pertemanan, ketidak sukaan, konflik dan perdagangan. Semakin mudah jejaring tersebut mengakomodasi individu atau kelompok membuat jejaring baru, semakin mudah menarik node. kemudian Jejaring sosial bisa dikatakan struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring social lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi , chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja.

fitur-fitur,aplikasi-aplikasi yang biasanya ada yang disediakan di setiap jejaring sosial, antara lain video, musik, blog, photo sharing, chatbox,game online yang ada di jejaring sosial tersebut,dsb.

manfaat dan dampak yang bisa diperoleh dari jejaring sosial mungkin ialah kita bisa mencari teman kita yang sudah lama kita tidak jumpai,kemudian kita bisa mempromosikan bisnis yang kita buat melalui jejaring sosial,kita bisa berhubungan dengan teman kita biarpun jauh jaraknya, setelah itu kita bisa mengekpresikan diri kita dalam jejaring sosial. dari sisi positif jejaring sosial dapat menghubungkan kita dengan orang yang jaraknya jauh dengan kita, kita bisa mengupload suatu photo, video, dsb untuk diberitahukan kepada teman kita yang terkait didalamnya, kemudian dari sisi negatifnya dengan jejaring sosial dapat membuat kita menjadi malas karena dapat membuat kita menjadi malas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar