2012/05/21

Game math maze Algoritma

permainan math maze merupakan game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang 

tepat untuk mencari tujuan yang telah ditetapkan , permainan ini hampir sama dengan 

permainan labirin maze . perbedaannya math maze kita harus menemukan jalur pada 

labirirn dengan menggunakan angka-angka pada bagian sisi kanan dan sisi kiri 

sebagai indikasi berapa banyak kotakyang dilewati . Disini saya tidak akan membahas 

tentang sejarah pada game ini, yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara game 

ini berjalan atau dapat kita katakan algoritma pada game sederhana ini yaitu 

algoritma Backtracking. sebelumnya saya akan menjelaskan Apa itu Algoritma 

Backtracking.

algoritma backtraking merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang termasuk 

dalam strategi yang berbasis pencarian dalam ruang status . algoritma backtraking 

bekerja secar rekusrsif dan melakukan pencarian solusi persoalan sistematis, pada 

semua kemungkinan yang ada . algoritma ini berbasis DFS , maka pencarian solusi 

dilakukan dengan menelusuri . suatu struktur berbentuk pohon . dan algoritma ini 

melakukan pencarian secara mendalam .


proses pembuatan permainan math maze :
1. pembuatan sebuah maze
2. pencarian solusi  dari maze yang dibuat
3. membuat papan math maze


1. Pembuatan sebuah maze 

- pilih salah satu sel pada grid
- pilih secara acak sel terdekat dengan gerakan yang diperbolehkan adalah 
  atas,bawah,kiri,kanan 
- jika ada sel tetangga tersebut belum pernah kita datangi, maka pindah ke sel 
  tersebut dan hapus pembatas atau wall antara sel tetangga tersebut dengan sel 
  sebelumnya ditempati
- jika tidak ditemukan sel tetangga yang belum didatangi maka kita harus melakukan 
  backtraking ke sel sebelumnya
- langkah ini dilakukan sampai semua sel pada grid sudah didatangi
- tentukan posisi start dan finish 



2.Pencarian solusi dari maze yang sudah dibuat

- dari sel start , pilih secara acak terdekat yanng bisa dikunjungi .sama seperti 
  proses pembuatan maze , hanya ada 4 gerakan yang diperbolehkan yaitu 
  atas,bawah,kanan,kiri
- apabila sel belum pernah didatangi maka pindah ke sel tersebut . pilih lagi sel 
  tetangga secara acak.
- apabila sel menemui tembok atau wall , maka lakukan backtraking ke sel sebelumnya
- lakukan langkah-langkah ini sampai menemukan sel yang menjadi selesai atau pintu 
  keluar

2012/04/15

game FIFA 2012

siapa yang tidak tahu game FIFA 2012 yang dikeluarkan oleh perusahaan EA sport ini , game ini dirilis pada oktober 2011 yang lalu , game ini merupakan pengembangan dari game fifa yang sebelmunya yaitu FIFA 2011 , pada game FIFA 2012 kita dapat bermain sepak bola dengan gaya skill yang cukup banyak. ini kita tampilkan dengan video :) dari youtube





pada game FIFA 2012 ini , kita bisa melawan komputer pemain,,pada game ini dimasukan suatu kecerdasan buatan untuk memubuat suatu sistem dimana pada saat melawan komputer , AI bisa lebih cerdas dan bisa membaca situasi serta true injury dapat sesuai dengan keadaan sepak bola saat ini, contohnya dari pergerak pemain pada game ini . kemudian pada game ini juga terdapat impact engine yang merupakan physics effect yang membuat suasana FIFA makin real , seakan-akan bila pemain saling bertabrakan maka akan bertabrakan secara real .

kemudian untuk system requirement untuk game ini cukup lumayan,diantaranya :
Processor: Intel Core 2 Duo E6750 2.66GHz or AMD Athlon II X2 245e
OS: Windows XP, Vista, Win7
CPU: 2.4 GHZ single core
Sound Card: DirectX 9, 10, 11 compatible
Graphics: NVidia GeForce 6800 or ATI Radeon X1600 at least, GeForce GTS 240 and Radeon HD 3870 recommended
Hardware: Mouse and Keyboard
Network: Internet connection for online mode
Hard Drive: 6 GB to 12 GB

2012/04/11

Pengenalan Aplikasi Blender

Blender adalah suatu aplikasi 3D yang dapat digunakan untuk modelling,teksturing,animasi,UV wrapping,rendering,dsb yang berhubungan dengan animasi,pembuatan game objek. aplikasi blender ini dapat digunakan untuk membuat suatu game dan animasi. contoh animasi yang kita bisa lihat dari aplikasi ini ialah animasi dari sintel . aplikasi blender ini bersifat open source dibawah naungan general public license, kemudian aplikasi ini juga dapt dipasang pada berbagai macam sistem operasi diantaranya windows,mac os, dan linux . perkembangan aplikasi blender awalnya blender 1.0 saat ini sudah sampai blender versi 2.62 yang dirilis pada tanggal 16 febuari 2012 .

banyak perubahan yang terjadi pada aplikasi ini pada mulanya blender versi 1.0 sampai blender versi 2.49b hanya dijadikan bahan uji coba , kemudian yang akan dijadikan pengembangan selanjutnya dari aplikasi blender ini ialah blender versi 2.50
kemudian aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman python sebagai scripting pada suatu project yang kita buat dengan aplikasi blender.

Sejarah,Jenis dan Katagori tekhnologi Game

kita tahu bahwa game itu sangat membantu kita untuk membuat kita dapat refresh kembali karena dengan bermain game, membuat kita terhibur dan senang .sejarah game bisa dikatakan dimulai Pada tahun 1947 adalah tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target, ide ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena pada waktu itu grafik belum bisa dibuat, target penembakan digambarkan pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Hal ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.

GAME GENERASI PERTAMA
Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).

Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di osciloscope.

Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.

GAME GENERASI KEDUA
1976, Fairchild mencoba menghidupkan kembali dunia video game dengan menciptakan VES (Video Entertainment System). VES adalah mesin pertama yang disebut ”konsol”. Konsol ini menggunakan kaset magnetik yang disebut cartridge. Nah, konsep ini kemudian diikuti oleh beberapa produsen lain, termasuk Atari, Magnavox, dan RCA, ketiga perusahaan tersebut juga merilis konsol serupa. Fairchild VES, pertama di dunia yang menggunakan media cartridge.
1977, dunia konsol menjadi tidak populer, game-game yang ada tidak berhasil menarik minat. Fairchild dan RCA mengalami kebangkrutan. Praktis, hanya ada Atari dan Magnavox yang masih bertahan di dunia video game.
1978, Magnavox meluncurkan Odyssey 2, seperti halnya Odyssey pertama, konsol ini pun gagal menjadi hit. Tak lama berselang, Atari meluncurkan konsol legendaris, Atari 2600, yang terkenal dengan game Space Invaders-nya
1980, berbagai produsen konsol muncul, dan mereka mengambil Atari 2600 sebagai konsep dasar, perkembangan dunia game pun semakin pesat.

GAME GENERASI KETIGA
1983, perusahaan bernama Famicom (Jepang) menciptakan gebrakan baru, sebuah konsol bernama Famicom/Nintendo Entertainment System (NES) dirilis di akhir 1983. Konsol ini menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi untuk pertama kalinya. Setelah mendapat sambutan hangat di Jepang, Famicom memperluas pemasarannya ke Amerika, yang dikenal dengan NES (Nintendo Entertainment System). Nintendo memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, dengan demikian seluruh game yang akan dirilis haruslah seijin developer Nintendo. Dan akhirnya, muncul sebuah game legendaris, Super Mario Brothers, yang dibintangi karakter fenomenal yang tetap eksis hingga kini, Mario. Famicom dari Nintendo, berhasil merajai pasar videogame di era generasi ketiga.

GENERASI KEEMPAT
NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.

GENERASI KELIMA
Panasonic 3DO, konsol game pertama yang menggunakan media CD.
Mulai dari 1990 sampai 1994, Sega dan Nintendo tetap bersaing. Berbagai game fenomenal dirilis. SNES menyertakan chip Super FX pada cartridge mereka, dan Sega menggunakan Sega Virtua Processor, keduanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas grafis dari game. Alhasil, SNES dan Sega saling beradu dengan game-game keren seperti Donky Kong Country (SNES) dan Vectorman (Sega).
Awal generasi kelima dimulai ketika tahun 1993, sebuah perusahaan ternama, Panasonic, merilis konsolnya yang bernama Panasonic 3DO. Ini adalah konsol pertama yang menggunakan CD sebagai pengganti cartridge. Harganya yang sangat mahal membuat konsol ini tidak populer, 3DO tidak bertahan lama dan harus segera menghentikan produksinya

GAME GENERASI KEENAM
1998, Setelah jatuhnya Nintendo dan Sega, kini dunia konsol jadi milik Sony. PlayStation menjadi raja dan bisa dibilang tidak memiliki pesaing. Sega mencoba meluncurkan Sega Dreamcast untuk mematahkan dominasi Sony, tetapi kembali gagal, akhirnya pada tahun itu juga, Sega mengundurkan diri dari dunia produsen konsol.
2000, Sony semakin ’merajalela’ ketika mereka berhasil merilis konsol barunya, PlayStation 2, yang sudah berbasis DVD. Nintendo mencoba bertahan di dunia konsol dengan merilis GameCube. Konsol ini tidak menggunakan DVD 12 cm biasa, melainkan DVD yang berukuran lebih kecil, yaitu 8 cm.  

GAME GENERASI KETUJUH
2005, Boleh dibilang, Xbox terlambat meluncur ke pasaran dibanding PlayStation 2, dan support game-game tenar juga sangat minim. Tetapi, Microsoft seolah belajar dari kesalahannya. Pada saat Sony masih melakukan riset untuk konsol PlayStation 3 yang menggunakan Blu-Ray, Microsoft kali ini telah mengambil seribu langkah lebih cepat. Xbox 360, konsol generasi terkini yang memanfaatkan media HD-DVD.



Jenis Game
Jenis-jenis  game  dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tipe antara lain adalah :

1.  Action  games, biasanya meliputi tantangan fisik, teka-teki (puzzle), balapan, dan beberapa konflik  lainnya. Dapat  juga meliputi masalah ekonomi sederhana, seperti mengumpulkan benda-benda.

2.  Real Time Strategy (RTS) adalah game yang melibatkan masalah strategi, taktik, dan logika. Contoh  game  jenis ini adalah Age of Empire, War Craft, dan sebagainya.

3.  Role Playing Games  (RPG), kebanyakan game jenis ini melibatkan masalah taktik, logika, dan eksplorasi atau penjelajahan. Dan juga kadang meliputi teka-teki dan masalah ekonomi karena pada  game  ini biasanya melibatkan pengumpulan barang-barang rampasan dan menjualnya untuk mendapatkan senjata yang lebih baik. Contoh dari game ini adalah Final Fantasy, Ragnarok, Lord of The Rings, dan sebagainya.

4.  Real World Simulation, meliputi permainan olahraga dan simulasi masalah kendaraan termasuk kendaraan militer. Games ini kebanyakan melibatkan masalah fisik dan taktik, tetapi tidak masalah eksplorasi, ekonomi dan konseptual. Contohnya seperti adalah game Championship Manager.

5.  Construction and Management, seperti  game  Roller Coster Tycoon dan The Sims. Pada dasarnya adalah masalah ekonomi dan konseptual. Game ini jarang yang melibatkan konflik dan eksplorasi, dan hampir tidak pernah meliputi tantangan fisik.

6.  Adventure games, mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik namun sangat jarang.

7.  Puzzle games,  ditujukan untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Hampir semua  semua tantangan disini menyangkut masalah logika yang biasanya dibatasi oleh waktu.

8.  Slide scrolling games, pada jenis  game  ini karakter dapat bergerak ke samping diikuti dengan gerakan background. Contoh game tipe seperti ini adalah Super Mario, Metal Slug, dan sebagainya.



Referensi :
http://inron01.blogspot.com/2008/11/sejarah-game.html

2011/11/30

Unsur - Unsur pemodelan grafik

- Model Grafik Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.


- Model  Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.

Dalam memodelkan suatu gambar atau objek kedalam aplikasi , kita harus memperhitungkan matematis pada objek tersebut untuk dimasukan kedalam koordinat x,y di pemodelan 2D atau x,y,z di pemodelan 3D.sebelum kita memodelkan suatu objek kita harus tahu apa yang diperlukan dalam memodelkan suatu objek tersebut ke dalam suatu aplikasi .
-          Kliping adalah pemotongan suatu objek dengan bentuk tertentu. Dalam memodelkan suatu objek kita dapat memecah objek tersebut menjadi bagian bagian yang kecil. Biasanya kliping digunakan untuk menghindari perhitungan koordinat pixel yang rumit , kliping biasanya juga digunakan untuk interpolasi parameter . dalam kliping dikenal fungsi jendela kliping yaitu untuk mengindentifikasi objek yang akan dikliping dan memastikan bahwa data yang diambil hanya data yang berada dalam jendela kliping .
-          Tranlasi adalah suatu pergerakan atau perpindahan dari semua titik objek yang berpindah secara lurus sehingga mendapat posisi atau koordinat baru . jalur yang direpresentasikan oleh vector tersebut disebut translasi .
-          Rotasi adalah merubah semua titik objek sepanjang jalur lingkaran dengan titik pusat pada titik pivot.
-          Texturing
Texturing digunakan untuk menentukan tekstur dari sebuah obyek sebagai suatu karakteristik dari obyek  yang dibuat. Aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk melakukan texturing adalah reflectivity, transparency, dan refraction, dsb.
-          Bayangan dari benda
Bayangan pada pemodelan grafik dapat meningkatkan kenyataan objek bayangan tiga dimensi.bayangan juga dapat digunakan dalam membuyarkan pengaru penglihatan objek yang mengambang diatas tanah .
-          Refleksi dan iluminasi
Model refleksi adalah factor dasar dalam penglihatan sebuah objek bayangan tiga dimensi . ia memungkinkan sebuah proyeksi layar dua dimensi dari sebuah objek agar tampak nyata.model iluminasi mendefinisikan sifat alami daripada cahaya yang memancar dari sebuah sumber.

refrensi:
subiyantoro(1996).pengantar grafik komputer.depok:gunadarma.
http://task-campus.blogspot.com/

2011/11/28

Definisi desain pemodelan grafik

Desain Pemodelan grafik

Desain dan grafik adalah bisa dikatakan sebagai seni terapan , arsitektur , dan pencapain kreatif lainnya .proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi , estetika , dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset,pemikiran,brain stroming,maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya .grafik sendiri mempunyai pengertian yaitu karangan visual yang memberikan keterangan atau pesan dalam komunikasi.elemen-elemen yang biasanya digunakan dalam grafik yaitu garis,bentuk, ruang,hiasan,warna,symbol.
Pemodelan adalah Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Biasanya pemodelan ini ditampilakan secara 3D . dalam pemodelan harus banyak yang dipertimbangkan dalam membangun model obyek tersebut , sehingga memberikan konstribusi terhadap hasil akhirnya. Contohnya dalam pemodelan benda padat dimana dikenal CSG yaitu berupa bentuk penyajian yang memudahkan untuk berinteraksi grafik yang memungkinkan lomponen rekayasa dibuat .
Jadi saya menyimpulkan desain pemodelan grafik adalah suatu seni yang mempunyai elemen-elemen yang saling satu padu sehingga dapat memodelkan suatu bentuk .
Cara pemodelan grafik
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer bisa dalam shape/bentuk,posisi, orientasi, surface, properties, volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari objek 2D dan 3D kedalam suatu aplikasi yang terdapat di computer , kita dapat menggunakan aplikasi blender , swishmax , 3Dmax ,dll

referensi

2011/03/14

Sistem Informasi Manajemen

Data  : 
          - fakta
          - rangkaian fakta yang mewakili suatu kejadian
          - sesuatu yang belum diolah
          - dapat berupa angka,simbol,dan lainnya

Contoh : kode mata kuliah,nama,nilai mata kuliah ,nomor pokok mahasiswa.

Informasi :
          - hasil dari pemrosesan data
          - data yang terkumpul,terproses,dan bermakna
          - data yang memiliki arti

Contoh : lulusan paling muda periode april , rata-rata IPK lulusan bulan april , KRS.   


untuk lebih jelasnya bisa melihat video dibawah ini :