2012/05/21

Game math maze Algoritma

permainan math maze merupakan game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang 

tepat untuk mencari tujuan yang telah ditetapkan , permainan ini hampir sama dengan 

permainan labirin maze . perbedaannya math maze kita harus menemukan jalur pada 

labirirn dengan menggunakan angka-angka pada bagian sisi kanan dan sisi kiri 

sebagai indikasi berapa banyak kotakyang dilewati . Disini saya tidak akan membahas 

tentang sejarah pada game ini, yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara game 

ini berjalan atau dapat kita katakan algoritma pada game sederhana ini yaitu 

algoritma Backtracking. sebelumnya saya akan menjelaskan Apa itu Algoritma 

Backtracking.

algoritma backtraking merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang termasuk 

dalam strategi yang berbasis pencarian dalam ruang status . algoritma backtraking 

bekerja secar rekusrsif dan melakukan pencarian solusi persoalan sistematis, pada 

semua kemungkinan yang ada . algoritma ini berbasis DFS , maka pencarian solusi 

dilakukan dengan menelusuri . suatu struktur berbentuk pohon . dan algoritma ini 

melakukan pencarian secara mendalam .


proses pembuatan permainan math maze :
1. pembuatan sebuah maze
2. pencarian solusi  dari maze yang dibuat
3. membuat papan math maze


1. Pembuatan sebuah maze 

- pilih salah satu sel pada grid
- pilih secara acak sel terdekat dengan gerakan yang diperbolehkan adalah 
  atas,bawah,kiri,kanan 
- jika ada sel tetangga tersebut belum pernah kita datangi, maka pindah ke sel 
  tersebut dan hapus pembatas atau wall antara sel tetangga tersebut dengan sel 
  sebelumnya ditempati
- jika tidak ditemukan sel tetangga yang belum didatangi maka kita harus melakukan 
  backtraking ke sel sebelumnya
- langkah ini dilakukan sampai semua sel pada grid sudah didatangi
- tentukan posisi start dan finish 



2.Pencarian solusi dari maze yang sudah dibuat

- dari sel start , pilih secara acak terdekat yanng bisa dikunjungi .sama seperti 
  proses pembuatan maze , hanya ada 4 gerakan yang diperbolehkan yaitu 
  atas,bawah,kanan,kiri
- apabila sel belum pernah didatangi maka pindah ke sel tersebut . pilih lagi sel 
  tetangga secara acak.
- apabila sel menemui tembok atau wall , maka lakukan backtraking ke sel sebelumnya
- lakukan langkah-langkah ini sampai menemukan sel yang menjadi selesai atau pintu 
  keluar

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai dreamweaver, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2747/1/21-PENYELESAIAN%20MASALAH%20N-QUEEN%20DENGAN%20TEKNIK%20BACKTRACKING.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus