2013/04/24

Pararel Processing


PARALLEL PROCESSING
Pengertian Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek,seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.
Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan denganmemanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanyadiperlukan saat kapasitas yangdiperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karenatuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel inidiperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkandengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itudiperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai
middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.
Program komputer paralel lebih susah untuk dibangun dibandingkan dengan program komputer serial, hal ini disebabkan keserempakan menimbulkan masalah yang potensial di dalam membagi pekerjaan menjadi subpekerjaan dan menggabungkan kembali subpekerjaan tersebut menjadi hasil oleh perangkat lunak,  diantaranya kondisi berebut (race condition).

Komunikasi dan sinkronisasi diantara unit pemroses(processing unit) menjadi satu diantara tantangan terbesar untuk menghasilkan program paralel dengan performa yang baik.

Architectural Parallel Computer
Taksonomi Flynn dan Model Pemrosesan Parallel. Keempat kelompok komputer tersebut adalah :
1. Komputer SISD (Single Instruction stream-Single Data stream)
Pada komputer jenis ini semua instruksi dikerjakan terurut satu demi satu, tetapi juga dimungkinkan adanya overlapping dalam eksekusi setiap bagian instruksi (pipelining). Pada umumnya komputer SISD berupa komputer yang terdiri atas satu buah pemroses (single processor). Namun komputer SISD juga mungkin memiliki lebih dari satu unit fungsional (modul memori, unit pemroses, dan lain-lain), selama seluruh unit fungsional tersebut berada dalam kendali sebuah unit pengendali.

2. Komputer SIMD (Single Instruction stream-Multiple Data stream)
Pada komputer SIMD terdapat lebih dari satu elemen pemrosesan yang dikendalikan oleh sebuah unit pengendali yang sama. Seluruh elemen pemrosesan menerima dan menjalankan instruksi yang sama yang dikirimkan unit pengendali, namun melakukan operasi terhadap himpunan data yang berbeda yang berasal dari aliran data yang berbeda pula.

3. Komputer MISD (Multiple Instruction stream-Single Data stream)
Komputer jenis ini memiliki n unit pemroses yang masing-masing menerima dan mengoperasikan instruksi yang berbeda terhadap aliran data yang sama, dikarenakan setiap unit pemroses memiliki unit pengendali yang berbeda. Keluaran dari satu pemroses menjadi masukan bagi pemroses berikutnya. Belum ada perwujudan nyata dari komputer jenis ini kecuali dalam bentuk prototipe untuk penelitian.

4. Komputer MIMD (Multiple Instruction stream-Multiple Data stream)
Pada sistem komputer MIMD murni terdapat interaksi di antara n pemroses. Hal ini disebabkan seluruh aliran dari dan ke memori berasal dari space data yang sama bagi semua pemroses. Komputer MIMD bersifat tightly coupled jika tingkat interaksi antara pemroses tinggi dan disebut loosely coupled jika tingkat interaksi antara pemroses rendah.

Paralel prosessing komputasi adalah proses atau pekerjaan komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan. Secara umum komputasi paralel diperlukan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal.

 refresnsi : 

2013/04/23

Komputasi


Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Untuk selanjutnya, Implementasi Komputasi di Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan, misalnya pada bidang fisika, kimia, matematika, ekonomi, biologi, dan geografi.

Fisika : menyelesaikan permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, dalam hal ini menentukan besarnya medan magnet dan membandiangkan hubungan antara medan magnet dengan panjang kawat.

Kimia : algoritma dan program komputer dapat digunakan untuk memungkinkan peramalan sifat-sifat atom dan molekul. Kajian komputasi juga dapat dilakukan untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium, serta memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.

Matematika : penerapan teknik-teknik komputasi matematika meliputi metode numerik, scientific computing, metode elemen hingga, metode beda hingga, scientific data mining, scientific process control dan metode terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah real yang berskala besar.


Ekonomi : mempeljarai titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi, meliputi agent-based computational modelling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.


Biologi : merupakan penerapan berupa aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.


Geografi : komputasi awan didefinisikan sebagai sebuah model yang memungkinkan kenyamanan, akses on-demand terhadap kumpulan sumber daya komputasi (contohnya jaringan, server, media penyimpanan, aplikasi, dan layanan komputasi) yang konfigurasinya dapat dilakukan dengan cepat dan disertai sedikit usaha untuk mengelola dan berhubungan dengan penyedia layanannya.


sumber : 


2012/10/17

Pengantar Bisnis Informatika

Pengertian dan Fungsi Bisnis
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan isntitusi yang terkait didalamnya yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. selain itu Bisnis dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan untuk memuaskan masyarakat luas. dengan adanya bisni maka tersedianya barang dan jasa untuk masyarakat dan Bisnis dapat mendatangkan keuntungan.

Aspek - Aspek Bisnis :

- Kegiatan individu dan kelompok
- Penciptaan nilai
- Penciptaan barang dan jasa
- Keuntungan melalui transaksi


Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi :
1. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak
- Pekerja / Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja
yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba
- Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai
tujuan
- Pemegang Saham 
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan

2.Fungsi Makro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
-  Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
-  Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak

Jadi Bisnis dalam Industri Informasi Teknologi adalah suatu kegiatan perseorangan atau kelompok yang mempunyai nilai dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi . ataupun segala jenis bisnis yang dilakukan dalam bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi.


Refrensi :
http://elyadityo.blogdetik.com/2010/10/03/pengantar-bisnis-informatika/
http://omponk.wordpress.com/2011/12/07/pengantar-bisnis-informatika/

2012/07/06

Game Assassin's Creed III - History is Our Playground!


Game yang akan dirilis pada awal november 2012 sudah ditunggu oleh penggemar game assassin creed , karena ini game lanjutan dari game assasin sebelumnya . Game ini merupakan game keluaran dari perusahaan game Ubisoft . 

Pada Game Assasin Creed serial yang akan baru keluar ini yang berlatar tahun 1775 menceritakan tentang sebuah pembunuh ( Connor ) yang bersumpah untuk untuk mengamankan kebebasan bagi umatnya dan bangsanya . Untuk melakukan hal tersebut pemain harus  berburu musuh di seluruh dunia yang bertumbuh besar, terbuka, dan realistis. pada game ini juga anda akan melepaskan keterampilan mematikan Anda dalam pencarian kekerasan yang akan membawa Anda dari jalan-jalan kota kacau untuk berlumuran darah medan perang di padang gurun Amerika . pada game ini juga anda akan bertemu dengan pahlawan legendaris dari sejarah Amerika, dan bersama-sama dengan  Anda akan berkonspirasi untuk memusnahkan mereka yang mengancam Liberty itu sendiri. 

Pada Game Assassin Creed ini mungkin tidak akan bermain dengan menggunakan mouse dan keyboard tetapi menggunakan joystick . setelah itu Ubisoft juga melakukan banyak perubahan dari Assassin Creed seri sebelumnya dengan mengubah senjata pemain , merubah gameplay , dll . kemudian Ubisoft juga membuat Game Assassin Creed serial ini untuk dapat dimainkan diberbagai platform diantaranya PC , PS3 ,XBOX 360 , Wii U .
selain itu game ini juga dapat bermain secara online 

dibawah ini merupakan contoh screenshot dari game ini








Spesifikasi komputer minimum untuk game ini

- CPU: AMD Athlon 64 X2 4400+ / Intel Core 2 Duo 2.2 GHz
- System Ram: 2 GB
- Operating System: Windows XP / Vista / 7
- Drive Type: DVD Drive
- Free Disk Space: 12 GB
- Video Card: 512 MB DirectX 10.0–compliant video card or
DirectX 9.0–compliant card with Shader Model 3.0 or high
- Video Card Features:
- -Video Ram: 512 MB
- -Video Card 3D Acceleration: Required
- -Video HW Transform & Lighting: Required
- -Vertex Shader Ver: Required – 3.0
- -Pixel Shader Ver: Required – 3.0


refrensi  :
http://assassinscreed.ubi.com/ac3/en-GB/news/index.aspx

2012/05/21

Game math maze Algoritma

permainan math maze merupakan game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang 

tepat untuk mencari tujuan yang telah ditetapkan , permainan ini hampir sama dengan 

permainan labirin maze . perbedaannya math maze kita harus menemukan jalur pada 

labirirn dengan menggunakan angka-angka pada bagian sisi kanan dan sisi kiri 

sebagai indikasi berapa banyak kotakyang dilewati . Disini saya tidak akan membahas 

tentang sejarah pada game ini, yang akan saya jelaskan adalah bagaimana cara game 

ini berjalan atau dapat kita katakan algoritma pada game sederhana ini yaitu 

algoritma Backtracking. sebelumnya saya akan menjelaskan Apa itu Algoritma 

Backtracking.

algoritma backtraking merupakan salah satu metode pemecahan masalah yang termasuk 

dalam strategi yang berbasis pencarian dalam ruang status . algoritma backtraking 

bekerja secar rekusrsif dan melakukan pencarian solusi persoalan sistematis, pada 

semua kemungkinan yang ada . algoritma ini berbasis DFS , maka pencarian solusi 

dilakukan dengan menelusuri . suatu struktur berbentuk pohon . dan algoritma ini 

melakukan pencarian secara mendalam .


proses pembuatan permainan math maze :
1. pembuatan sebuah maze
2. pencarian solusi  dari maze yang dibuat
3. membuat papan math maze


1. Pembuatan sebuah maze 

- pilih salah satu sel pada grid
- pilih secara acak sel terdekat dengan gerakan yang diperbolehkan adalah 
  atas,bawah,kiri,kanan 
- jika ada sel tetangga tersebut belum pernah kita datangi, maka pindah ke sel 
  tersebut dan hapus pembatas atau wall antara sel tetangga tersebut dengan sel 
  sebelumnya ditempati
- jika tidak ditemukan sel tetangga yang belum didatangi maka kita harus melakukan 
  backtraking ke sel sebelumnya
- langkah ini dilakukan sampai semua sel pada grid sudah didatangi
- tentukan posisi start dan finish 



2.Pencarian solusi dari maze yang sudah dibuat

- dari sel start , pilih secara acak terdekat yanng bisa dikunjungi .sama seperti 
  proses pembuatan maze , hanya ada 4 gerakan yang diperbolehkan yaitu 
  atas,bawah,kanan,kiri
- apabila sel belum pernah didatangi maka pindah ke sel tersebut . pilih lagi sel 
  tetangga secara acak.
- apabila sel menemui tembok atau wall , maka lakukan backtraking ke sel sebelumnya
- lakukan langkah-langkah ini sampai menemukan sel yang menjadi selesai atau pintu 
  keluar

2012/04/15

game FIFA 2012

siapa yang tidak tahu game FIFA 2012 yang dikeluarkan oleh perusahaan EA sport ini , game ini dirilis pada oktober 2011 yang lalu , game ini merupakan pengembangan dari game fifa yang sebelmunya yaitu FIFA 2011 , pada game FIFA 2012 kita dapat bermain sepak bola dengan gaya skill yang cukup banyak. ini kita tampilkan dengan video :) dari youtube





pada game FIFA 2012 ini , kita bisa melawan komputer pemain,,pada game ini dimasukan suatu kecerdasan buatan untuk memubuat suatu sistem dimana pada saat melawan komputer , AI bisa lebih cerdas dan bisa membaca situasi serta true injury dapat sesuai dengan keadaan sepak bola saat ini, contohnya dari pergerak pemain pada game ini . kemudian pada game ini juga terdapat impact engine yang merupakan physics effect yang membuat suasana FIFA makin real , seakan-akan bila pemain saling bertabrakan maka akan bertabrakan secara real .

kemudian untuk system requirement untuk game ini cukup lumayan,diantaranya :
Processor: Intel Core 2 Duo E6750 2.66GHz or AMD Athlon II X2 245e
OS: Windows XP, Vista, Win7
CPU: 2.4 GHZ single core
Sound Card: DirectX 9, 10, 11 compatible
Graphics: NVidia GeForce 6800 or ATI Radeon X1600 at least, GeForce GTS 240 and Radeon HD 3870 recommended
Hardware: Mouse and Keyboard
Network: Internet connection for online mode
Hard Drive: 6 GB to 12 GB

2012/04/11

Pengenalan Aplikasi Blender

Blender adalah suatu aplikasi 3D yang dapat digunakan untuk modelling,teksturing,animasi,UV wrapping,rendering,dsb yang berhubungan dengan animasi,pembuatan game objek. aplikasi blender ini dapat digunakan untuk membuat suatu game dan animasi. contoh animasi yang kita bisa lihat dari aplikasi ini ialah animasi dari sintel . aplikasi blender ini bersifat open source dibawah naungan general public license, kemudian aplikasi ini juga dapt dipasang pada berbagai macam sistem operasi diantaranya windows,mac os, dan linux . perkembangan aplikasi blender awalnya blender 1.0 saat ini sudah sampai blender versi 2.62 yang dirilis pada tanggal 16 febuari 2012 .

banyak perubahan yang terjadi pada aplikasi ini pada mulanya blender versi 1.0 sampai blender versi 2.49b hanya dijadikan bahan uji coba , kemudian yang akan dijadikan pengembangan selanjutnya dari aplikasi blender ini ialah blender versi 2.50
kemudian aplikasi blender ini menggunakan bahasa pemrograman python sebagai scripting pada suatu project yang kita buat dengan aplikasi blender.